modul

PERALATAN PEMBUATAN KUDAPAN



Uraian Materi

    Alat merupakan komponen penting dalam proses pengolahan makanan. Dalam proses pengolahan makanan dan minuman, tidak dapat lepas dari kebutuhan peralatan baik itu peralatan untuk persiapan, peralatan untuk pengolahan, maupun peralatan untuk penyajian. Peralatan dan perlengkapan dapur adalah semua perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan. Didalam pemilihan peralatan dan perlengkapan dapur diperlukan persyaratan antara lain:

  1. Mudah dibersihkan
  2. Mudah diketahui behwa alat tersebut sudah bersih
  3. Keras dan tidak menyerap bahan-bahan makanan
  4. Permukaan halus sehingga mudah dibersihkan
  5. Tidak mudah berkarat atau antikarat
  6. Tidak mudah pecah

Apabila beberapa bagian dari peralatan yang sulit dibersihkan terdapat sisa-sisa makanan yang tertinggal maka akan mudah sekali menjadi tempat bakteri berkembang biak, sehingga dapat mengakibatkan makanan menjadi basi dan dapat menimbulkan keracunan. Demikian pula bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat peralatan dapur tidak boleh terbuat dari bahan-bahan yang mengakibatkan keracunan misalnya besi dan timah hitam.

Bahan baku yang digunakan oleh pabrik-pabrik alat penyimpanan makanan, menghidangkan, memasak, melayani, dan mencuci peralatan seharusnya berasal dari bahan yang bebas dari bahan yang membahayakan manusia, mampu menahan serangan serangga, tidak mempengaruhi keadaan makanan ataupun minuman, tidak menimbulkan bau busuk dan berpengaruh terhadap warna masakan. Bahan peralatan dapat dikategorikan menjadi dua macam, yaitu logam dan non logam.


Bahan Pembuat Alat
Logam Non Logam
Baja Tahan Karat Tanah Liat
Besi Plastik
Tembaga Kayu
Perak Batu
Kuningan Bambu
Aluminium Keramik/Kaca/Porselen

CONTOH
Nomer Jenis Barang Gambar
1 Besi besi
2 Aluminium aluminium
3 Plastik plastik
4 Kayu kayu
5 Tanah Liat tanah liat
6 Kaca kaca
7 Bambu bambu
8 Baja Tahan Karat baja
9 Batu batu
10 Kuningan kuningan

Materi selengkapnya silahkan click disini


RANGKUMAN

Peralatan dan perlengkapan dapur adalah semua perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan. Peralatan pengolahan pada garis besarnya membahas tentang asal dan sifat bahan yang dipakai yaitu logam dan non logam. Macam-macam peralatan yang digunakan yaitu alat pemanas, perebus, pengukus, penggoreng, pencetak, pengiris, alat bantu pengolahan, pemeliharaan peralatan tersebut sesuai dengan asal dan sifat bahan sangat penting agar dapat memperpanjang usia pakai. Peralatan dapur yang ada sekarang ini terbuat dari bermacam-mcam bahan logam maupun non logam. Pemeliharaan peralatan secara teratur merupakan upaya agar peralatan yang kotor menjadi bersih dan alat-alat akan lebih tahan lama. Setelah diketahui tentang peralatan pengolahan tersebut diharapkan dapat memilih peralatan secara tepat dan juga dalam penggunaannya karena faktor ini sangat menentukan dalam keberhasilan proses pengolahan. Selain itu masalah keselamatan dalam menggunakan dan pemeliharaan peralatan pengolahan juga perlu mendapat perhatian.


Soal Latihan Materi Peralatan Pembuatan Kudapan Dapat Diakses Dibawah ini. Selamat mencoba !!

LATIHAN SOAL



Comments